Apa itu Panel Surya ?

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (SOLAR HOME SYSTEM)

 

Energi terbarukan, hemat energi, dan juga ramah lingkungan. Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman, konsumsi energi yang kita gunakan juga semakin besar namun sumber energi fosil semakin menipis, dan juga hasil pembakaran energi fosil untuk menghasilkan energi juga berdampak negatif terhadap lingkungan. Oleh karena itu dibutuhkan langkah untuk menciptakan sumber energi yang bertujuan untuk menghemat konsumsi energi sekaligus juga menjadi sumber energi yang ramah lingkungan, jawabannya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

 

Apa Itu Pembangkit Listrik Tenaga Surya ?

 

Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan salah satu alternatif untuk menggantikan pembangkit listrik yang menggunakan sumber energi fosil contohnya minyak, batu-bara, dll. Sebelum kita mengetahui kelebihan dan kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya mari kita kenali dulu lebih lanjut. Pembangkit Listrik Tenaga Surya dapat menggunakan dua cara untuk menciptakan energi yang pertama ialah dengan menggunakan Panel Surya dan yang kedua adalah pemusatan energi surya menggunakan sistem lensa atau cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor, dan energi yang dihasilkan ialah energi panas.

Sedangkan cara pertama yaitu dengan menggunakan Panel Surya ialah alat yang bertujuan untuk mengubah cahaya menjadi tenaga listrik atau panas dan panel surya itu sendiri terdiri dari modul Photovoltaics (PV).  Photovoltaics itu sendiri merupakan sektor teknologi dan penelitian yang berhubungan dengan aplikasi panel surya untuk energi dengan mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Setiap modul PV di nilai berdasarkan kekuatan output DC (Direct Current) dibawah Standard Test Conditions (STC), dan biasanya berjarak antara 100 hingga 365 Watts (W).

 

Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan Pembangkit Energi terbarukan dan salah satu alternatif pengganti Pembangkit Listrik Energi Fosil (Minyak, Batu-bara, dll.)

 

Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

 

Pembangkit Listrik Tenaga Surya itu sendiri memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan diantaranya ialah :

  • Energi yang terbarukan/Tidak pernah habis dikarenakan menggunakan Cahaya Matahari.
  • Bersih dan Ramah Lingkungan.
  • Panel Surya memiliki umur yang panjang.
  • Praktis, tidak memerlukan perawatan.
  • Sangat cocok untuk daerah Tropsi khususnya Indonesia.
  • Mengurangi ketergantungan Energi Fosil.

Sedangkan kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya itu sendiri ialah :

  • Masih terasa mahal khususnya di Indoensia dikarenakan di Indonesia itu sendiri Panel Surya masih belum memiliki Subsidi.
  • Tidak dapat mengisi energi di saat Malam Hari.
  • Sumber tenaga yang tidak konsisten dikarenakan terhalangi oleh awan, pohon, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: