Jenis-jenis Kabel Listrik dan Kegunaannya !

Jenis-jenis Kabel Listrik dan Kegunaannya

 

Kabel merupakan suatu komponen yang tidak bisa lepas dari komponen rumah ataupun bangunan. Kabel ini memiliki fungsi utama yang sangat penting yaitu sebagai penhantar listrik. Namun dari fungsi utama itu banyak sekali kegunaannya.

 

Bayangkan apabila rumah atau bangunan tidak memiliki kabel, maka secara otomatis rumah ataupun bangunan tersebut tidak akan teraliri listrik untuk menyalakan peralatan elektronik karena tidak memiliki jalur atau jalan bagi listrik tersebut terhadap rumah atau bangunan tanpa adanya kabel. Kabel selain sebagai penghantar listrik umum, kabel juga berfungsi sebagai penghantar radio frekuensi sebelum dipancarkan melalui antena. Tanpa adanya kabel penghantar radio frekuensi, mungkin kita tidak akan bisa menikmati siaran televisi ataupun parabola.

 

Mengenal Bagian-bagian Kabel Listrik

 

Jenis-jenis kabel listrik memiliki banyak ragam yang dibuat berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Meskipun jenis-jenis kabel listrik ada banyak, namun pada dasarnya sebuah kabel listrik terdiri dari dua bagian utama, yaitu bagian isolator dan bagian konduktor.

 

Setiap jenis kabel listrik mempunyai spesifikasi ukuran dan kapasitas yang berbeda dalam menyalurkan energi listrik. Bagian isolator pada kabel listrik merupakan bahan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Yang mana bagian ini terdiri dari pembungkus kabel yang terbuat dari bahan thermoplastik atau thermosetting. Yang dimana semakin baik tingkat isolator dari suatu kabel, maka semakin bagus juga kualitas dari kabel tersebut.

 

Kemampuan daya hantar arus kabel listrik dapat ditentukan oleh beberapa faktor, yang diantaranya ialah bahan konduktor, dan luas penampang atau diameter kabel konduktor. Biasanya semakin besar diameter suatu kabel, maka kemampuan kabel listrik untuk dilalui arus (Ampere) juga semakin tinggi. Selain dari kualitas kabel ditentukan juga oleh bahan isolator yang digunakan, kualitas kabel listrik juga ditentukan oleh kualitas bahan dari konduktornya. Semakin tinggi daya hantar suatu kabel, maka semakin tinggi kualitas kabel listrik tersebut. Saat ini ada dua bahan terbaik yang digunakan pada kabel listrik, yakni tembaga murni dan emas. Tembaga murni dan emas merupakan bahan yang dapat menghantarkan arus listrik paling baik.

 

Namun tidak jarang dipasarkan banyak ditemui jenis kabel, terutama kabel murah yang menggunakan bahan tembaga campuran. tembaga campuran ini dibuat untuk menekan ongkos produksi agar harga jual semakin terjangkau. Sebuah kabel listrik dengan bahan konduktor tembaga murni atau tembaga murni yang dilapisi emas tentu memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kabel listrik berbahan konduktor campuran.

 

Jenis-jenis Kabel Listrik

 

Kabel NYA

Kabel NYA merupakan salah satu jenis-jenis kabel listrik tunggal yang banyak digunakan pada instalasi listrik rumah. Kabel NYA memiliki diameter rata-rata 1,5 mm atau 2,5 mm yang dilapisi isolator berbahan PVC. untuk isolatornya sendiri memiliki kode warna yang menunjukkan bahan dari isolator itu sendiri, kode warna untuk isolator pad akabel NYA adalah warna merah, kuning, biru, dan hitam.

 

Kekurangan kabel NYA itu sendiri ialah lebih mudah terkana cacat akibat goresan, gigitan tikur, ataupun cuaca, karena lapisan isolator pada kabel NYA hanya satu lapis. Untuk mengatasinya dan agar kabel NYA dapat tahan lebih lama dapat dipasangkan pada saluran tertutup seperti pipam atau dipasang di udara agar jauh dari jangkauan.

 

Kabel NYM

Kabel NYM merupakan jenis kabel yang memiliki inti lebih dari satu yang biasanya kabel ini dugnakan untuk instalasi listrik gedung atau bangunan yang tertanam langsung pada dinding. Jumlah inti dari kabel NYM ialah 2, 3, ataupun 4 inti. Masing-masing inti kabel NYM dilapisi dengan isolator. Bahan terluar dari kabel ini dilapisi dengan isolasi PVC.  Kabel jenis NYM pada dasarnya mempunyai keamanan yang lebih baik terutama untuk instalasi listrik, karena setiap dan keseluruhan kabel inti masing-masing dilindungi dengan isolator.

 

Kabel NYM ini memiliki kualitas yang lebih baik sehingga lebih mahal dibandingkan dengan kabel NYA. Selain itu kabel ini dapat ditempatkan pada lingkungan kering dan basah, namun tidak untuk ditaman.

 

Kabel NYY

Kabel jenis NYY dirancang untuk penggunaan didalam tanah, ataupun berbagai kondisi seperti outdoor, kering ataupun lembab. Namun untuk lebih amannya kabel ini sangat direkomendasikan untuk menggunakan perlindungan lagi seperti pipa PVC ataupun pipa besi. Terutama untuk aliran listrik tegangan tinggi. Kabel jenis NYY mempunyai inti lebih dari satu, yakni 2, 3, atau 4 inti.

 

Bahan isolator untuk kabel jenis NYY mempunyai konstruksi yang lebih kuat dan kaku dibandingkan dengan kabel jenis NYM. Selain itu bahan isolator yang terdapat pada kabel ini biasanya dilengkapi dengan anti gigitan tikus.

 

Kabel NYFGbY/NYRGbY

Kabel jenis ini memiliki lapisan-lapisan solator yang kuat dan tahan-lama. Pada pengunaannya, kabel ini dapat ditanam didalam tanah tanpa memerlukan perlindungan tambahan lag. namun demikian tetap saja jika kabel ini akan menyebrangi jalan raya tetap direkomendasikan menggunakan perlindungan lagi, setidaknya pipa PVC. Menurut spesifikasi, kabel jenis NYFGbY atau NYRGbY dapat ditanam didalam tanah hingga kedalaman 0,8 meter saja.

 

 

Sumber : http://skemaku.com/mari-mengenal-jenis-jenis-kabel-listrik-beserta-kegunaannya/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: