Mengenal Limbah Kelapa Sawit

Limbah Sawit

Seperti yang kita ketahui bahwa kelapa sawit merupakan bahan utama untuk pembuatan minyak yaitu Crude Palm Oil atau sering juga disebut dengan CPO. CPO itu sendiri merupakan komoditas andalan yang dimana Indonesia merupakan produsen terbesar Kelapa Sawit. Selain CPO, Kelapa Sawit juga merupakan bahan baku utama pembuat minyak goreng, margarin, sabun, kosmetik, bahkan hingga kabel industri farmasi. Namun disini bukan hanya buah sawitnya yang dapat dimanfaatkan, melainkan sisa produksi atau limbah sawit itu sendiri juga dapat dimanfaatkan, yang dimana limbah sawit tersebut antara lain ialah kernel, cangkang, miko, dan bungkil.

Kernel Sawit

Kernel Sawit

Kernel Sawit atau inti sawit ini bisa disebut dengan Limbah Sawit hasil pembuatan CPO, merupakan Endosperma atau dapat juga disebut dengan Cangkang Pelindung Inti dan Embrio atau inti dan apabila di proses Kernel Sawit ini memiliki kandungan minyak inti berkualitas tinggi. Minyak inti ini merupakan minyak makan nabati yang berwarna kekuningan alami.

 

 


Cangkang Sawit

Cangkang

Cangkang kelapa sawit ini ialah salah satu Limbah Sawit yang juga memiliki banyak manfaat selain sebagai bahan baku arang juga sebagai bahan bakar untuk boiler, yang dimana hal ini dikarenakan cangkang sawit merupakan bahan yang memiliki kadar karbon tinggi.

Selain menjadi bahan bakar cangkang sawit juga dapat menjadi bahan campuran untuk makanan ternak dan bahan baku pengeras jalan/pengganti aspal.


Miko Sawit

Miko Sawit

Miko (Minyak Kotor) sawit atau Limbah Sawit Cair yang dihasilkan oleh Pabrik Kelapa Sawit. jika limbah cair ini dimanfaatkan dan dikelola dengan baik dan benar maka dapat diproses menjadi bahan baku Biodiesel. Miko Sawit ini sendiri apabila tidak ditangani dengan benar dapat menjadi sumber utama pencemaran lingkungan dan apabila memasuki sumber air, maka dapat mengurangi kadar oksigen yang ada didalam air tersebut.

 

 


Bungkil Sawit

Bungkil

Bungkil Sawit atau Bungkil Inti Sawit (BIS) merupakan Limbah Sawit dari pengolahan Inti Sawit. Limbah Sawit Bungkil inipun merupakan bahan yang berpotensi sebagai bahan pakan ternak, apabila bungkil tersebut di proses kembali untuk meningkatkan kualitas dan mengatasi masalah keceranaan baik dari segi proteinnya ataupun asam amino yang tidak seimbang.

 

 

Kami dari PT. BORNEO SINERGY DUA juga bergerak dalam trading Limbah Sawit. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi kami lewat Facebook : Borneo Sinergy Dua atau Telp/WA : 0813-4662-6611

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: