Pengertian Desain Interior dan Eksterior

Pengertian Desain Interior dan Eksterior

 

 

Rumah atau tempat tinggal yang nyaman dan menarik merupakan salah satu kebutuhan yang cukup penting baik untuk memberikan lingkungan yang terbaik untuk keluarga. Desain Interior  dan Eksterior merupakan istilah yang pastinya tidak asing lagi, namun apakah Pengertian Desain Interior maupun Eksterior itu sendiri.

BACA JUGA : Apa itu Panel Surya ?

Pengertian dari Desain Interior dan Eksterior itu sendiri dalam artian sederhana merupakan ilmu yang mempelajari perancangan dari segala sesuatu yang ada di dalam sebuah bangunan. Desain Interior ini merupakan sebuah ilmu dan juga seni, yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang bersangkutan dengan benda atau barang yang ada di dalam ruangan.

 

Desain Interior beserta Aspeknya

 

Ilmu desain pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan sebuah lingkungan atau ruangan beserta dengan elemen-elemen yang ada didalamnya, baik secara fisik ataupun non-fisik. Desain interior mencakup seluruh unsur yang ada di dalam suatu bangunan, yaitu mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, hingga kamar mandi. Desain interior ini juga mencakup aspek pendukung yaitu seperti Furnitur yang ada di dalam bangungan itu sendiri.

 

Desain Interior ini sendiri memiliki tiga aspek utama, yaitu :

  1. Desain Interior tetap : Aspek ini merupakan perancangan awal yaitu seperti pembuatan ide denah bangunan, rencana lantai atau floor plan, rencana atap, detail, maket, hingga teknis presentasi desain yang akan dibuat, biasanya dimodelkan dengan maket ataupun desain 3D bangunan itu sendiri.
  2. Desain Interior bergerak : Aspek ini merupakan perancangan yang bersifat mikro atau kecil, seperti pembuatan desain produk, desain layout interior, hingga desain furnitur dan handycraft (kerajinan tangan).
  3. Desain Interior dekoratif : Aspek ini bertujuan untuk merancang atau menghias dan mempercantik tampilan interior bangunan.

 

 

Perbedaan Desain Interior dan Eksterior

 

Jika Desain Interior berkaitan dengan aspek yang ada di dalam bangunan atau ruangan, maka Desain Eksterior merupakan kebalikan dari Desain Interior itu sendiri. Desain Interior dan Eksterior itu sendiri dibedakan oleh fokus perancangan dan aspek pendukungnya. Desain eksterior berkaitan dengan aspek luar sebuah bangunan, baik itu taman, teras, gerbang pintu, jendela, hingga cat dinding luar.

 

Perbedaan lainnya juga terletak pada prinsip kerjanya, yang dimana jika prinsip desain interior menyangkut dengan psikologi warna, focal point, estetika, selera gaya, dan keseimbangan. Sebaliknya Desain Eksterior memiliki prinsip yaitu kekuatan, model, dan material, walaupun selera dan gaya tetap jadi bahan pertimbagan dalam perancangan bagian luar suatu bangunan.

 

Kami dari PT. Borneo Sinergy Dua juga memiliki Divisi Konstruksi – Interior dan Eksterior yang dapat menangani konstruksi baik bangunan baru maupun lama, dan juga desain interior dan eksterior rumah ataupun bangunan anda!

Marketing : 0813-4838-2063 (Telp/WA) / www.borneosinergy2.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: