Sistem ON-Grid (Solar Cell)

Sistem On-Grid

Solar Cell

 

Sistem PLTS On Grid merupakan solusi Green Energy bagi penduduk perkotaan baik perumahan ataupun perkantoran. Sistem ini menggunakan Modul Surya (Photovoltaic Module) untuk menghasilkan listrik yang ramah lingkungan dan bebas emisi. Dengan adanya sistem ini akan mengurangi tagihan listrik rumah tangga, dan memberikan nilai tambah pada pemiliknya.

Sesuai namanya, On Grid, maka sistem ini akan tetap berhubungan dengan jaringan PLN dengan mengoptimalkan pemanfaatan Modul Surya untuk menghasilkan energi listrik semaksimal mungkin. Pada siang hari, Modul Surya yang terpasang pada atap akan mengkonversi sinar matahari menjadi Energi listrik Arus Searah (DC). Selanjutnya sebuah komponen yang disebut Grid-inverter merubah listrik arus searah (DC) dari PV menjadi listrik arus bolak-balik (AC) yang kemudian dapat digunakan untuk mensuplai berbagai peralatan rumah tangga seperti Lampu, TV, Kulkas, Mesin Cuci, dll. Jadi pada siang hari, kebutuhan energi listrik berbagai peralatan disuplai langsung oleh Modul Surya.

Sistem On Grid bekerja bersama dengan arus listrik dari PLN, yakni arus PLN menjadi penghubung atau penyalur arus listrik dari panel surya kepada beban. Sehingga seluruh penggunaan listrik pada waktu siang hari, dihasilkan dari energi listrik panel surya, dan untuk malam hari menggunakan listrik dari PLN. Penggunaan panel surya pada waktu siang hari, dapat membantu mengurangi tagihan biaya listrik dari PLN, semua dapat terlihat pada box meteran listrik PLN yang tidak bergerak.. Pada malam hari atau jika kondisi cuaca mendung maka peralatan akan disupport oleh jaringan PLN. Hal ini dimungkinkan karena sistem ini tetap terkoneksi dengan jaringan PLN.

BACA JUGA: Sistem Off-Grid (Solar Cell)

  • Keuntungan menggunakan PLTS On Grid:
    1. Mereduksi penggunaan bahan bakar fosil sehingga mengurangi polusi/emisi bahan bakar
    2. Bersih, tidak berisik, menggunakan energi gratis dari matahari sepanjang tahun
    3. Tidak memerlukan biaya operasional sepeserpun
    4. Pengoperasian dan Perawatan sistem yang sangat mudah
    5. Membantu menstabilkan tegangan PLN pada sisi beban
    6. Membantu mengurangi biaya tagihan listrik bulanan
    7. Meningkatkan nilai prestise pada rumah/perkantoran
    8. Kelebihan Listrik yang dihasilkan PV dapat dijual kepada PLN (tergantung kebijakan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: