Tips Merencanakan Solar Home System (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)

Tips Perencanaan Pemasangan SHS

(Solar Home System)

 

ICA Solar Cell 20WP

 

Pemasangan Solar Home System memang diperlukan perencaan yang sangat baik agar dapat menghasilkan daya yang optimal, karena Solar Home System ini sangat tergantung kepada energi sinar matahari. Semoga tips perencanaan pemasangan shs ini dapat menjadi acuan untuk anda yang ingin memasang shs. Perencanaan ini terdiri dari :

  • Jumlah Daya yang dibutuhkan dalam pemakaian sehari-hari (Watt),
  • Berapa besar Arus yang dihasilkan Panel Solar Cells (dalam Ampere/Hour), yang dalam hal ini memperhitungkan berapa jumlah panel surya yang harus dipasang, dan
  • Berapa unit baterai yang diperlukan untuk kapasitas yang diinginkan dan pertimbangan penggunaan tanpa sinar matahari (Ampere/Hour).

Dilihat dari segi ekonomisnya, pembangkit listrik tenaga surya atau SHS memiliki nilai yang lebih tinggi, dimana listrik dari PT. PLN tidak dimungkinkan, ataupun instalasi generator listrik bensin ataupun solar. Sebagai contoh daerah terpencil, daerah tambang, perkebunan, perikanan, desa terpencil, dll.

BACA JUGA : Divisi Mechanical & Electrical PT. Borneo Sinergy Dua

Dari segi jangka panjang, nilai ekonomis shs ini juga tinggi, hal ini dikarenakan dengan perencanaan yang baik, pembangkit listrik tenaga surya atau shs, khusus panel suryanya dapat memiliki daya tahan 20 hingga 25 tahun. Baterai dan beberapa komponen lainnya memiliki daya tahan 3 hingga 5 tahun.

 

Alur Kerja SHS

Dari diagram pembangkit listrik tenaga surya diatas: beberapa solar panel di paralel untuk menghasilkan arus yang lebih besar. Combiner pada gambar diatas menghubungkan kaki positif panel surya satu dengan panel surya lainnya. Kaki/ kutub negatif panel satu dan lainnya juga dihubungkan. Ujung kaki positif panel surya dihubungkan ke kaki positif charge controller, dan kaki negatif panel surya dihubungkan ke kaki negatif charge controller.

 

 

Tegangan panel surya yang dihasilkan akan digunakan oleh charge controller untuk mengisi baterai. Untuk menghidupkan beban perangkat AC (alternating current) seperti Televisi, Radio, komputer, dll, arus baterai disupply oleh inverter.

BACA JUGA : Mengenal Solar Home System

Instalasi pembangkit listrik dengan tenaga surya membutuhkan perencanaan mengenai kebutuhan daya :

  • Jumlah Pemakaian
  • Jumlah Solar Panel
  • Jumlah Baterai

 

Perencanaan untuk pemasangan Solar Home System memang harus di siapkan dengan matang, sehingga untuk contoh perhitungan daya watt yang dipakai dan dihasilkan, akan kami jelaskan di part 2 !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: